8 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan yang Hits

8 Tempat Wisata di Pulau Kalimantan yang Hits

Pulau Kalimantan, dengan kekayaan alam dan budayanya yang melimpah, menawarkan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan dan unik.

Dari hutan hujan yang lebat hingga sungai-sungai yang mempesona, Kalimantan memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dieksplorasi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa destinasi wisata yang sedang hits di Pulau Kalimantan.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting, terletak di Provinsi Kalimantan Tengah, adalah salah satu destinasi wisata alam paling terkenal di Kalimantan.

Terkenal dengan populasi orangutan yang melimpah, Tanjung Puting menawarkan pengalaman unik melihat satwa liar di habitat aslinya.

Wisatawan dapat melakukan trekking di hutan, menelusuri sungai dengan klotok (perahu tradisional), dan mengamati kehidupan liar di sekitar taman nasional ini.

2. Danau Sentarum

Danau Sentarum, yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat, adalah salah satu danau terbesar di Kalimantan. Danau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona dan keanekaragaman hayati yang melimpah.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di danau ini, seperti berkeliling dengan perahu, memancing, dan menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

3. Pantai Derawan

Pantai Derawan, yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, adalah destinasi wisata pantai yang sedang hits di Kalimantan.

Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih, Pantai Derawan merupakan tempat yang ideal untuk snorkeling, menyelam, dan bersantai di tepi pantai.

Baca Juga:  Surga Wisata dengan Deretan Pantai yang Mengagumkan di Bali

Pulau-pulau kecil di sekitar pantai juga menawarkan pengalaman snorkeling yang luar biasa dengan keindahan terumbu karangnya.

4. Gunung Meratus

Gunung Meratus, yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, adalah destinasi wisata alam yang menarik bagi para pendaki dan pecinta alam.

Terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona dan keberagaman hayati yang melimpah, Gunung Meratus menawarkan berbagai jalur trekking yang menantang dan pemandangan yang spektakuler dari puncak gunung.

5. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai, yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, adalah salah satu taman nasional tertua di Indonesia.

Terkenal dengan keanekaragaman hayati hutan hujannya yang melimpah, Taman Nasional Kutai adalah tempat yang ideal untuk melihat satwa liar seperti orangutan, macan tutul, dan berbagai jenis burung langka.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sungai dan hutan hujan yang indah selama menjelajahi taman nasional ini.

6. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan, yang terletak di Sungai Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan, adalah salah satu pasar terapung terbesar dan terkenal di Kalimantan.

Pengunjung dapat melihat aktivitas jual beli di atas perahu-perahu tradisional yang berlabuh di sungai, serta mencicipi berbagai makanan dan kerajinan tangan khas Kalimantan.

7. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin, yang terletak di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kalimantan.

Baca Juga:  Museum Kereta Api Ambarawa: Merasakan Petualangan Sejarah di Jalur Rel Nostalgia

Danau ini terkenal dengan kejernihan airnya yang luar biasa, yang menciptakan efek cermin ketika terkena sinar matahari.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di danau ini, seperti berenang, snorkeling, dan menikmati pemandangan alam yang indah.

8. Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan, yang terletak di Sungai Martapura, Provinsi Kalimantan Selatan, adalah salah satu pasar terapung terbesar dan terkenal di Kalimantan.

Pengunjung dapat melihat aktivitas jual beli di atas perahu-perahu tradisional yang berlabuh di sungai, serta mencicipi berbagai makanan dan kerajinan tangan khas Kalimantan.

Pulau Kalimantan menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dan beragam, mulai dari hutan hujan yang lebat hingga pantai-pantai indah dan pasar-pasar tradisional yang unik.

Jelajahi keindahan alam dan budaya Kalimantan, dan temukan pengalaman wisata yang tak terlupakan di pulau ini.

Back To Top