Makanan Khas Sumatera Utara yang Wajib Kamu Coba

Sumatera Utara, salah satu provinsi di Indonesia, tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga kulinernya. Beragam suku dan budaya di Sumatera Utara telah menciptakan kekayaan kuliner yang unik dan menggugah selera. Artikel ini akan membahas beberapa Kuliner Khas Sumatera Utara yang wajib dicoba.

1. Babi Panggang Karo (BPK)

Babi Panggang Karo atau BPK adalah salah satu makanan khas Suku Karo. Daging babi yang dipanggang hingga empuk dengan bumbu khas Karo ini memiliki cita rasa yang kaya. Biasanya disajikan dengan daun singkong rebus dan saus andaliman yang memberikan sensasi rasa pedas dan segar.

2. Arsik

Arsik merupakan masakan ikan khas Batak yang menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya. Ciri khas dari masakan ini adalah penggunaan andaliman (sejenis merica Sichuan) dan kunyit yang memberikan rasa pedas dan aroma yang khas. Ikan mas dimasak dengan bumbu rempah hingga meresap, menjadikan Arsik sebagai sajian yang lezat dan menyegarkan.

3. Saksang

Saksang adalah masakan daging yang biasanya menggunakan daging babi atau anjing, yang dimasak dengan darah dan rempah-rempah seperti andaliman dan keluak. Makanan ini memiliki rasa yang unik dan merupakan salah satu hidangan tradisional Suku Batak.

4. Mie Gomak

Mie Gomak adalah versi khas Sumatera Utara dari spaghetti. Mie ini dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, cabai, dan ikan teri, menciptakan rasa yang kaya dan creamy. Biasanya dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan irisan jeruk nipis.

5. Naniura

Naniura adalah masakan ikan khas Batak yang mirip dengan sushi. Ikan mas segar direndam dalam campuran perasan jeruk nipis dan rempah-rempah, tanpa dimasak dengan api. Hasilnya adalah ikan yang asam, segar, dan sedikit pedas.

6. Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin adalah sajian berkuah santan dengan ikan patin sebagai bahan utamanya. Kuah gulainya kaya rempah dengan sentuhan rasa asam yang berasal dari asam kandis, menciptakan perpaduan rasa yang harmonis.

7. Martabak Kubang

Martabak Kubang adalah varian martabak yang berasal dari Medan. Berbeda dengan martabak pada umumnya, Martabak Kubang memiliki isi yang lebih banyak dan kulit yang lebih tebal dan garing. Biasanya disajikan dengan kuah kari yang kaya rempah.

Kesimpulan

Kuliner Sumatera Utara menawarkan ragam rasa yang kaya dan unik, mencerminkan keragaman budaya di provinsi ini. Dari babi panggang Karo hingga Mie Gomak, setiap hidangan memiliki ciri khas yang menarik untuk dicoba. Mengunjungi Sumatera Utara tidak lengkap tanpa mencicipi kekayaan kuliner khas daerah ini.

Ketika mencoba makanan khas Sumatera Utara, Anda tidak hanya menikmati kelezatan rasa, tetapi juga merasakan kekayaan budaya yang terwujud dalam setiap suapan. Setiap makanan memiliki cerita dan sejarah yang mendalam, membuat pengalaman Makanan Khas Medan yang Terkenal menjadi pengalaman yang tak terlupakan.