7 Fakta Unik Bangkok, Kota yang Dijuluki Venesia dari Timur

Pikirkan Anda pernah mendengar semua yang perlu diketahui tentang ibu kota Thailand yang penuh warna? Dari Chinatown terbesar di dunia hingga Redbull, kami yakin Anda belum pernah mendengar beberapa fakta menarik tentang Bangkok ini sebelumnya.

1. Memiliki Nama Ibu Kota Terpanjang di Dunia

Kota malaikat, kota besar abadi, kota megah dari sembilan permata, tahta raja, kota istana kerajaan, rumah dewa yang berinkarnasi, didirikan oleh Vishvakarman atas perintah Indra.

2. Dijuluki ‘Venesia dari Timur’

Baiklah, jadi setidaknya 15 negara mengklaim sebagai Venesia dari Timur, tetapi Bangkok adalah pesaing yang layak. Bertahun-tahun yang lalu, khlog (atau kanal) melintasi sebagian besar kota. Sementara sebagian besar dari mereka telah direklamasi, Anda masih dapat menggunakan beberapa dari mereka hari ini. Faktanya, sungai dan kanal seringkali merupakan cara tercepat untuk bepergian. Naik saja bus sungai, bus kanal, atau sewa taksi sungai (perahu ekor panjang) untuk melihat bagaimana kota ini mendapatkan julukannya.

3. Bangkok Adalah Rumah Bagi Kota Cina Terbesar di Dunia

Pecinan Bangkok, yang dikenal secara lokal sebagai Yaowarat, adalah Pecinan terbesar di dunia. Didirikan pada tahun 1782, daerah ini adalah rumah bagi gelombang besar imigran Cina yang segera menjadi kelompok etnis yang dominan di kota itu. Pasar awalnya berpusat di sekitar Sampheng, tetapi sebagian besar intinya sekarang membentang di sepanjang Jalan Yaowarat. Itu penuh dengan kafe, kedai makanan jalanan, toko roti, dan pasar.

Baca Juga:  10 Objek Wisata Terbaik di Irlandia yang Wajib Anda Kunjungi

Itu juga rumah bagi buddha emas terbesar. Buddha seberat 5,5 ton tinggal di dalam Wat Traimit. Itu tersembunyi di bawah plester selama ratusan tahun dan pihak berwenang hanya menemukan apa yang ada di dalamnya ketika mereka menjatuhkannya.

4. Setiap Kuil yang Digambarkan di Baht Thailand Ada di Bangkok

Bangkok adalah rumah bagi tiga kuil paling terkenal di negara itu: Wat Pra Kaew, Wat Arun, dan Wat Pho. Tapi bukan itu, total ada lebih dari 400 wat (kuil) yang tersebar di seluruh kota. Saking banyaknya, ternyata mata uang Thailand hanya menggambarkan yang ada di Bangkok. Anda dapat berkunjung ke tempat wisata tersebut semua dalam satu hari juga.

5. Bangkok Adalah Kota Terpanas di Dunia

Menurut Organisasi Meteorologi Dunia, Bangkok adalah kota terpanas di planet ini. Dianugerahi gelar ini karena memiliki suhu panas paling konsisten sepanjang tahun, daripada suhu paling ekstrem. Kota ini memiliki suhu tahunan rata-rata 29 derajat C (84,5 derajat F), dengan suhu juga secara rutin naik di atas 40 derajat C (104 derajat F). Suhu ini, jika dipasangkan dengan kelembapan tinggi dan sekitar 128 hari hujan dalam setahun, membuat iklim menjadi lengket.

Kabut asap kota juga menjebak udara panas di pusat kota, menyebabkan kelembaban siang hari dan beberapa hari yang panas terik.

Baca Juga:  5 Kota Terindah di India yang Wajib Dikunjungi

6. Red Bull Mulai Hidup di Bangkok

Ini adalah minuman energi paling terkenal di dunia, yang dicurahkan ke tenggorokan siswa dan raver pengepakan revisi di seluruh dunia. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu dari mana asalnya. Chaleo Yoodvidhya, lahir dari orang tua imigran Cina yang miskin di provinsi utara Phichit, pindah ke Bangkok untuk bekerja sebagai penjual antibiotik. Dia meluncurkan perusahaan farmasinya sendiri, TC Pharmaceuticals, pada awal 1960-an, di mana dia pertama kali mengembangkan minuman penambah energinya. Kaleng minuman, diperkenalkan pada tahun 1976, menggambarkan dua banteng merah besar yang saling menyerang. Pada tahun 1984, salesman Austria Dietrich Mateschitz menemukan itu menyembuhkan jet lag dan sisanya, seperti yang mereka katakan, adalah sejarah.

Chaleo Yoovidhya menjadi orang terkaya ketiga di Thailand dan pada kematiannya pada tahun 2012 kekayaannya diperkirakan USD 5 miliar.

7. The Royal Anthem Diputar di Awal Setiap Film dan Pertunjukan

Dikenal di Thailand sebagai “Sansoen Phra Barami”, lagu kerajaan untuk menghormati raja Thailand. Ini bukan lagi lagu kebangsaan, tetapi masih diputar sebelum film, drama dan konser, serta acara dan acara kenegaraan.

Lagu kebangsaan yang lebih optimis, “Phleng Chat”, diputar dua kali sehari pada pukul 8 pagi dan 6 sore. Anda harus berhenti dan berdiri segera setelah Anda mendengar melodi — ini bukan hanya bentuk yang buruk, itu sebenarnya ilegal.

Baca Juga:  6 Aktivitas Menarik Dilakukan di Ahmedabad, India