10 Teknik Dasar Makeup yang Harus Dikuasai

10 Teknik Dasar Makeup yang Harus Dikuasai

Makeup bukan hanya tentang menutupi kekurangan atau merias wajah, tetapi juga tentang meningkatkan kepercayaan diri dan mengekspresikan diri secara kreatif.

Untuk mencapai hasil yang memuaskan, penting untuk memahami dan menguasai teknik dasar makeup.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa teknik dasar yang perlu Anda kuasai untuk menciptakan tampilan yang menawan setiap hari.

1. Persiapan Kulit yang Baik

Sebelum mulai merias wajah, pastikan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan mengaplikasikan pelembap yang cocok dengan jenis kulit Anda.

Ini membantu menjaga kulit tetap lembap dan memastikan hasil makeup yang lebih halus. Selain itu, gunakan primer wajah untuk menghaluskan permukaan kulit dan membuat makeup bertahan lebih lama.

2. Pemilihan Foundation yang Tepat

Foundation adalah dasar dari setiap tata rias wajah. Pilihlah foundation yang sesuai dengan warna dan jenis kulit Anda.

Oleskan foundation secara merata di seluruh wajah, lalu blend dengan spons atau kuas makeup untuk hasil yang lebih natural. Pastikan untuk menyamarkan garis rahang dan leher agar tampilan terlihat lebih mulus.

3. Penggunaan Concealer dengan Tepat

Concealer digunakan untuk menutupi noda, jerawat, dan lingkaran hitam di bawah mata. Pilihlah concealer yang satu atau dua nada lebih terang dari warna kulit Anda untuk hasil yang optimal.

Oleskan concealer dengan lembut pada area yang ingin Anda tutupi, lalu blend dengan ujung jari atau kuas kecil untuk tampilan yang lebih natural.

Baca Juga:  5 Penampilan Mata Mudah yang Dapat Anda Lakukan dengan Satu Produk

4. Pemakaian Bedak untuk Menetapkan Makeup

Bedak membantu menetapkan makeup dan mengurangi kilau berlebih di wajah. Gunakan bedak tabur atau padat dan aplikasikan dengan kuas bedak secara merata di seluruh wajah. Hindari penggunaan terlalu banyak bedak agar kulit tetap terlihat segar dan alami.

5. Pengaplikasian Blush On

Blush on memberikan warna dan dimensi pada wajah Anda. Pilihlah blush on dengan warna yang sesuai dengan warna kulit dan aplikasikan dengan lembut di atas pipi.

Mulailah dari bagian luar pipi dan perlahan-lahan blend ke arah dalam. Pastikan untuk menyamarkan garis aplikasi agar tampilan terlihat lebih alami.

6. Membentuk Alis dengan Benar

Alis memberikan kerangka untuk wajah Anda, oleh karena itu penting untuk membentuknya dengan benar.

Gunakan pensil alis atau produk alis lainnya untuk mengisi dan membentuk alis sesuai dengan bentuk alami wajah Anda. Sikat alis untuk menyebarkan produk secara merata dan mendefinisikan garis alis dengan lebih baik.

7. Pemilihan dan Pengaplikasian Eyeshadow

Eyeshadow dapat memberikan dimensi dan mendefinisikan bentuk mata Anda. Pilihlah warna yang sesuai dengan warna mata dan busana Anda, lalu aplikasikan eyeshadow dengan kuas eyeshadow di kelopak mata.

Gunakan warna terang di bagian dalam kelopak mata dan warna gelap di bagian luar untuk menciptakan efek yang lebih dramatis.

8. Menggunakan Eyeliner dengan Presisi

Eyeliner digunakan untuk menambah kedalaman pada garis mata dan menciptakan tampilan yang lebih dramatis.

Baca Juga:  5 Cara Makeup Pada Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Gunakan eyeliner cair, pensil, atau gel sesuai dengan preferensi Anda, lalu aplikasikan dengan presisi di sepanjang garis bulu mata. Jika ingin tampilan yang lebih natural, gunakan eyeliner hanya di bagian luar mata.

9. Menebalkan dan Membentuk Bulu Mata

Bulu mata yang tebal dan lentik dapat membuat mata terlihat lebih besar dan lebih terbuka. Gunakan maskara untuk menebalkan dan membentuk bulu mata.

Mulailah dari pangkal bulu mata dan gerakkan sikat ke ujung bulu mata dengan gerakan zig-zag untuk menutupi setiap helai bulu mata.

10. Aplikasi Lipstik atau Lip Gloss

Terakhir, lengkapi tata rias wajah Anda dengan menggunakan lipstik atau lip gloss. Pilihlah warna yang sesuai dengan selera dan warna kulit Anda, lalu aplikasikan dengan presisi di bibir.

Gunakan lip liner untuk mendefinisikan bentuk bibir Anda sebelum mengaplikasikan lipstik atau lip gloss.

Dengan menguasai teknik dasar makeup ini, Anda dapat menciptakan tampilan yang menawan dan sesuai dengan selera Anda.

Praktekkan teknik-teknik ini secara teratur dan eksplorasi berbagai produk dan warna untuk menemukan gaya makeup yang paling cocok dengan kepribadian dan gaya Anda.

Ingatlah untuk selalu membersihkan wajah secara menyeluruh setelah menggunakan makeup dan jaga kesehatan kulit Anda dengan rutin menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Back To Top