6 Suaka Margasatwa Terbaik di Rajasthan, India

6 Suaka Margasatwa Terbaik di Rajasthan, India

Ketika kita berbicara tentang Rajasthan, apa yang muncul di benak kita? Gurun tak berujung dan panas terik, bukan? Nah, Rajasthan adalah negara bagian yang panas. Tapi ada lebih dari itu. Ini adalah negara bagian Maharaja. Negara bagian utara India ini adalah tentang warna-warna cerah, budaya, tradisi, makanan, seni, dan warisan. Daftarnya terus berlanjut!

Berikut 6 suaka margasatwa dan taman nasional terbaik di Rajasthan.

1. Ranthambore National Park

Tidak mengherankan melihat Ranthambore dalam daftar ini karena ini adalah salah satu tempat perlindungan terbaik di India. Suaka terkenal di Rajasthan ini terletak di distrik Sawai Madhopur dan awalnya merupakan taman suaka harimau. Tetapi Anda dapat melihat banyak hewan lain di sini, seperti hyena, babi hutan, macan tutul, dan beruang sloth. Ada 2 sungai di sekitar cagar ini yang menambah keindahan alam. Ada juga Benteng Ranthambore yang terkenal di dalam lokasi di mana Anda dapat bertamasya. Cara terbaik untuk memanfaatkan taman nasional ini adalah dengan menaiki canters dan jeep. Harganya bisa bervariasi. Anda dapat mengunjungi taman antara jam 7 pagi hingga 6 sore. Apalagi? Anda dapat memesan resort yang dibangun di sini untuk Anda menginap, yang jelas akan menjadi buah ceri di atas perjalanan Anda.

2. Mount Abu Wildlife Sanctuary

Berikutnya dalam daftar suaka margasatwa terbaik di Rajasthan adalah Mount Abu Wildlife Sanctuary. Suaka margasatwa yang indah ini terletak di pegunungan Aravalli Hill. Apa yang bisa Anda temukan di sini? Nah, bermacam-macam burung, tumbuhan, bunga dan hewan. Lebih tepatnya, Anda bisa melihat harimau, singa, landak, serigala, dan rubah di suaka ini. Nah, untuk urusan flora, ada 3 spesies unik mawar liar. Suaka ini buka dari jam 9:30 pagi sampai 5:30 sore. Pastikan Anda merencanakan perjalanan Anda dengan tepat. Untuk membuat segalanya lebih menarik, Anda bisa mengikuti safari hutan di sini. Safari bisa menghabiskan biaya INR 300-600.

3. Darrah National Park

Siapa yang tidak suka ‘beli satu dapat satu penawaran gratis’! Nah, Darrah National Park bahkan memiliki penawaran yang lebih baik untuk Anda, pergilah ke satu taman nasional dan nikmati tiga suaka margasatwa. Taman nasional ini terletak di Kota dan terdiri dari 3 suaka margasatwa, yaitu Suaka Margasatwa Darrah, Chambal dan Jaswant Sagar. Suaka ini tidak hanya memiliki berbagai hewan tetapi juga benteng dan sungai yang indah. Hewan apa yang dapat Anda lihat di sini? Anda dapat melihat serigala, cheetah, nilgai, rusa tutul, caracal, antelop bertanduk empat, rubah Bengal, dan banyak lagi. Bukan itu saja! Anda bahkan bisa naik jeep. Tempat ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore.

4. Machiya Biological Park

Tempat perlindungan yang indah ini, terletak di Jaisalmer, adalah tempat perlindungan satwa liar yang terkenal di Rajasthan. Ini adalah rumah bagi berbagai macam hewan, seperti biawak, monyet, luwak dan kelinci banteng biru. Ada juga tempat pengamatan burung di mana Anda dapat menikmati berbagai jenis burung seperti burung beo, bebek, dan emu di habitat aslinya. Tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai 6:30 sore. Harga tiket bervariasi berdasarkan kriteria yang berbeda.

5. Ramgarh Vishdhari Sanctuary

Tempat ini adalah surga bagi semua pecinta satwa liar. Ada berbagai jenis pohon seperti mangga, babool, dhok dan khair di semua tempat ini, menjadikannya hutan alam yang menyenangkan. Ini yang terbaik untuk fotografer. Banyak hewan seperti antelop, harimau, macan kumbang, dan burung migran dapat dilihat di sini. Tempat suci di Rajasthan ini ada di daftar ember setiap turis dan mengapa tidak? Flora dan faunanya luar biasa. Tempat ini terletak 45 km dari Bundi dan buka dari jam 7 pagi 6 sore. Bagaimana cara menjelajahi tempat kudus? Safari atau trekking!

6. Baretha Wildlife Sanctuary

Bagi yang ingin mengunjungi objek wisata hutan lembek seperti yang ditayangkan di TV, disinilah tempatnya. Tempat ini terkenal dengan perairan dan daratannya yang tidak rata sehingga menambah keindahan tempat ini dan membuatnya sangat eye-catching. Taman nasional ini merupakan taman lain yang terkenal sebagai cagar harimau. Serigala, sambar, macan tutul, bebek, angsa, angsa, bersama dengan berbagai jenis burung, akan menyambut Anda di cagar alam. Anda dapat mengunjungi tempat itu antara pukul 6 pagi dan 6 sore dan naik jeep safari untuk menjelajah.