6 Cara Merawat Kulit Terkelupas di Musim Dingin

Merawat Kulit Terkelupas Musim Dingin

Merawat Kulit Terkelupas

Pernahkah Anda memperhatikan kulit Anda terasa kering dan bersisik dalam beberapa bulan terakhir? Ini biasanya umum selama musim dingin, karena kulit Anda kehilangan banyak kelembapan karena udara kering. Kelembaban adalah komponen mendasar dari perawatan kulit. Tanpa kelembapan yang cukup, kulit cenderung mengembangkan tekstur bersisik yang mudah terkelupas, juga dikenal sebagai kulit terkelupas.

Sementara banyak orang memiliki kulit kering terkelupas di musim dingin, kondisi kulit tidak eksklusif untuk musim ini dan dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Selain kurangnya kelembapan, penggunaan sabun yang keras dan sering mandi juga bisa membuat kulit terkelupas semakin parah. Selain itu, penuaan dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya juga dapat menyebabkan kulit kering di musim dingin.

Untungnya, ada cara untuk menjaga kulit halus dan lembab bahkan selama cuaca musim dingin yang keras. Anda dapat mencoba salah satu perawatan kosmetik khusus di Beauty Med , yang bertujuan untuk menjaga kulit Anda tetap lembut, halus, dan terhidrasi. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan rutinitas perawatan kulit tertentu yang menawarkan perlindungan ekstra di musim dingin.

Untuk orang dengan kulit kering terkelupas, lihat enam tips terbaik tentang cara merawat kulit kering di musim dingin:

1. Oleskan Pelembab Pada Kulit Anda Segera Setelah Mandi

Setelah mandi, kulit Anda dengan cepat kehilangan kelembapan melalui penguapan, menjadikannya kering dan bersisik. Rasa gatal yang Anda rasakan setelah mandi adalah cara kulit Anda melaporkan bahwa ia telah kehilangan kelembapan. Ini bisa menjadi tidak nyaman, sering kali mengakibatkan kulit kering terkelupas di wajah atau tangan Anda. Selain itu, kulit kering meningkatkan garis-garis halus dan kerutan, membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda.

Setiap kali Anda mencuci atau mandi, Anda harus membiasakan mengoleskan lotion pelembab ke kulit Anda. Ini mengunci kelembapan dengan menyumbat ruang yang memisahkan sel-sel kulit. Pelembab bekerja paling efektif saat kulit Anda masih lembap, seperti setelah Anda mandi atau setelah mencuci tangan . Kulit memiliki lebih banyak kelembapan saat basah, yang sempurna karena pelembab bereaksi sangat baik pada kulit yang terhidrasi.

2. Dapatkan Pelembab yang Tepat untuk Jenis Kulit Anda

Jenis produk pelembab terbaik tergantung pada kulit Anda. Orang dengan kulit kering bersisik membutuhkan pelembab berat. Untuk menjaga kulit kering Anda terhidrasi, gunakan pelembab dengan dimethicone dan asam hialuronat. Bahan pelembab bermanfaat lainnya termasuk protein, urea, propilen glikol, dan gliserin. Untuk mengunci kelembapan setelah tertarik ke kulit Anda, gunakan pelembab dengan minyak mineral, lanolin, dan petrolatum.

Idealnya, Anda harus menerapkan pelembab ringan di siang hari dan yang lebih berat di malam hari. Penting juga bagian tubuh mana yang Anda pelembap. Oleskan pelembab ringan di wajah Anda dan yang lebih berat di seluruh tubuh Anda.

3. Jangan Mandi Air Panas & Mandi di Musim Dingin

Suhu bisa menjadi sangat dingin di musim dingin, sehingga banyak orang menikmati mandi air panas untuk menghangatkan tubuh mereka. Meskipun mandi air panas atau mandi air panas ini mungkin terasa santai, mereka terkenal karena menghilangkan minyak esensial dari kulit Anda. Ketika suhu air terlalu panas, Anda membuat kulit Anda lebih rentan terhadap kekeringan dan pengelupasan.

Jika Anda tidak bisa mandi air dingin, solusi terbaik adalah menggunakan air hangat terlebih dahulu dan mereda dengan air dingin. Dengan cara ini, Anda dapat mengunci kelembapan dan menjaga pori-pori tetap tertutup. Setelah Anda terbiasa dengan suhu air, mandi air dingin adalah obat kulit kering yang bagus yang membuat Anda tetap lembap di musim dingin.

4. Hindari Menggunakan Spons Mandi

Menggunakan spons mandi, waslap, dan sikat gosok menyebabkan trauma pada kulit Anda. Idealnya, Anda mungkin ingin melepaskan spons mandi, atau menggunakan sentuhan lembut berbulu daripada menggosoknya dengan kuat pada kulit. Anda tidak perlu menggosok kulit Anda dengan keras untuk menjaganya tetap bersih. Melakukannya hanya akan menyakiti kulit kering Anda yang terkelupas.

Saat menggunakan handuk untuk mengeringkan kulit, singkirkan kelebihan air atau tepuk lembut pada kulit alih-alih menggosoknya hingga kering. Pendekatan terbaik adalah membiarkan kulit Anda mengering di udara alih-alih menyeka airnya. Juga, ingatlah untuk menggunakan handuk bersih setiap mandi.

5. Melembabkan Kulit Anda Sebelum Berolahraga

Bagi penggemar kebugaran, berolahraga adalah aktivitas sepanjang tahun yang tidak berhenti hanya karena musim dingin. Pada hari-hari dengan cuaca yang baik, Anda mungkin tertarik untuk melakukan beberapa olahraga musim dingin atau latihan di luar ruangan. Sebelum Anda pergi keluar untuk berlari di taman atau melakukan beberapa putaran di sekitar blok, oleskan pelembab ringan non-komedogenik untuk melindungi kulit Anda dari udara kering. Anda akan meminimalkan kekeringan setelah berolahraga yang biasa terjadi selama kondisi udara dingin.

6. Melembabkan Kulit Sebelum Tidur

Inilah fakta menarik: saat Anda tidur, kulit Anda kehilangan kelembapan. Itu menjelaskan keringat malam, dan semakin buruk jika Anda mengalami hot flash. Kabar baiknya adalah masalah ini bisa diatasi dengan pelembab sebelum tidur. Melembabkan sebelum tidur membuat kulit Anda terhidrasi dan lembut semalaman. Ini juga membantu memperbaiki penghalang kulit Anda dan mengunci kelembapan.