7 Fakta Menarik Tentang Istana Potala di Llasa, Tibet

7 Fakta Menarik Tentang Istana Potala di Llasa, Tibet

Dinamakan setelah Gunung Potalaka, tempat tinggal mitos bodhisattva Avalokiteśvara, Istana Potala berasal dari abad ke-7. Raja Songtsen Gampo membangun struktur aslinya, tetapi baru pada tahun 1642 Dalai Lama kelima membangun kembali istana dan memindahkan pemerintahannya ke sini. Istana tersebut menampung sepuluh Dalai Lama selama 317 tahun hingga 1959 ketika Dalai Lama ke-14 melarikan diri ke India selama pemberontakan Tibet. Bekas istana kekaisaran, pusat pemerintahan, dan biara sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO dan salah satu tempat wisata utama Tibet. Menarik minat Anda? Berikut tujuh fakta menarik tentang Istana Potala yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Akan Selalu Menjadi Gedung Tertinggi Di Wilayah Llasa

Istana Potala adalah salah satu istana terbesar di dunia, terbentang di 130.000 meter persegi yang mengesankan (1.399.308 kaki persegi). Itu juga merupakan istana kuno tertinggi di dunia. Ditetapkan setinggi 117 meter (384 kaki) di gunung, itu adalah 432 langkah yang lumayan untuk mendaki ke gerbang depan saja. Istana tiga belas lantai berisi lebih dari 1.000 kamar dan sekitar 200.000 patung. Antara 1653 dan 1889, itu adalah gedung tertinggi di dunia yang pernah diduduki dari tahun 1653 hingga 1889.

Sebagai tanda penghormatan terhadap situs suci, tidak ada bangunan di Lhasa yang lebih tinggi dari istana.

2. Kosong Selama Delapan Abad

Raja Songstan Gampo, Raja Tubo ke-33, memindahkan ibu kotanya ke Lhasa pada tahun 7 M dan membangun istana yang mewah untuk menampung istananya. Namun pada tahun 9 M, dengan runtuhnya Kerajaan Tubo, seluruh kota menjadi sepi – bersama dengan istana. Istana tetap kosong selama delapan abad.

3. Penuh dengan Lukisan

Setiap tahun, sebelum hari ke-22 bulan kesembilan tahun itu, tembok istana mendapat sentuhan cat baru. Sejauh ini, biasa-biasa saja, kan? Salah. Ini sebenarnya bukan cat, itu campuran susu, gula, madu, bumbu dan kapur putih.

Dibutuhkan sekitar sepuluh hari untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi sampai baru-baru ini, butuh waktu selama sebulan untuk menutupi seluruh permukaan.

4. Ini Adalah Rumah Bagi Beberapa Mumi

Ada delapan stupa suci di Istana Potala. Ini sebenarnya adalah makam Dalai Lama, menutupi tubuh mumi dari delapan Dalai Lama. Setiap stupa dihias secara mewah dengan emas, mutiara, koral, dan berlian. Stupa yang didedikasikan untuk lhama Dalai ke-5 benar-benar menonjol; itu dilapisi dengan lebih dari 3.700 kg emas dan lebih dari 18.000 permata.

5. Gedung ini Adalah Termasuk Hadiah

Struktur istana asli berusia 1.300 tahun, yang jauh lebih kecil dari bangunan saat ini, sebenarnya adalah hadiah dari Raja Tibet Songtsan Gampo kepada calon pengantinnya, Putri Wencheng dari Dinasti Tang Tiongkok. Imut.

6. Istana Poltala Sebenarnya Adalah Dua Istana

Istana ini sebenarnya terdiri dari dua istana yang berbeda dengan dua fungsi yang berbeda – Istana Putih dan Istana Merah.

Istana Putih yang lebih tua pernah berfungsi sebagai kantor pemerintah Tibet, aula pertemuan, dan tempat tinggal Dalai Lama.

Istana Merah yang lebih baru dikhususkan untuk studi agama dan doa Buddha, yang pernah berfungsi sebagai tempat pemujaan Dalai Lama. Ini lebih besar dan lebih tinggi dari keduanya, terdiri dari berbagai aula, kapel, perpustakaan, dan galeri di sepanjang lorongnya yang berliku.

7. Nomor Masuk Harian Dibatasi

Untuk melindungi istana, pihak berwenang membatasi jumlah orang sebanyak 2.300 orang per hari – jadi pastikan Anda memesan tiket terlebih dahulu! Semua pengunjung harus mengunjungi Istana Potala bersama rombongan wisata. Grup dialokasikan satu jam di dalam tempat dan foto tidak diperbolehkan.