5 Arsitektur Mughal Terbaik di India yang Harus Anda Kunjungi

Dengan perpaduan sempurna antara elemen Islam, Turki, India, dan Persia, arsitektur Mughal telah menciptakan keajaiban yang tidak pernah gagal untuk memukau para pelancong. Selama 300 tahun pemerintahan mereka di India, Mughal membangun sejumlah masjid, makam, dan istana pertama yang indah, meninggalkan jejak mereka selamanya dalam kemegahan warisan negara. Kemahiran artistik dan kemegahan dari kreasi ini masih memuliakan pariwisata negara ini. Jutaan turis mengunjungi India untuk menyaksikan kemegahan dan kemegahan monumen Mughal di India.

1. Taj Mahal

Keajaiban sejati dari keajaiban arsitektur, Taj Mahal kemungkinan besar ada dalam rencana perjalanan Anda setiap kali Anda mengunjungi India. Dan itu harus! Dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, monumen ini merupakan peringatan untuk istrinya, Mumtaz Mahal. Makam kelereng putih ini adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia karena suatu alasan. Situs Warisan Dunia yang indah ini membutuhkan waktu hampir 22 tahun untuk menyelesaikannya. Detail marmer yang indah merupakan representasi dari desain arsitektur Islam, Turki, dan Persia. Meskipun kita dapat berbicara tentang Taj Mahal sepanjang hari, kata-kata tidak akan pernah adil untuk keindahannya yang sangat halus.

2. Masjid Jama

Anda tidak dapat membuat daftar monumen Mughal terkemuka di India tanpa menyebutkan Masjid Jama yang ikonik. Ini adalah salah satu masjid terbesar di dunia, di mana setidaknya 25.000 orang dapat beribadah pada waktu yang sama. Dianggap sebagai salah satu permata India, Masjid Jama dibangun pada masa pemerintahan Shah Jahan, antara 1650 hingga 1656. Masjid ini memiliki 3 kubah kolosal, 131 menara, dan 4 menara dari mana Anda dapat menyaksikan pemandangan panorama kota. Awalnya bernama Masjid-i-Jahan-Numa, diterjemahkan menjadi ‘masjid yang mencerminkan dunia’, monumen bersejarah ini tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga:  7 Tempat Berkemah Terbaik di Pune, India

3. The Red Fort

Red Fort atau Lal Quila adalah contoh brilian lain dari arsitektur Mughal di India. Bangunan megah yang pernah menjadi pusat Shahjahanabad ini sekarang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Dibangun pada masa pemerintahan Shah Jahan, Benteng Merah adalah salah satu monumen Mughal penting di India tempat Perdana Menteri mengibarkan bendera nasional setiap tahun pada Hari Kemerdekaan. Diwan-I-Am, Diwan-I-Khas, Masjid Moti, Ranga Mahal, dan Meena Bazaar adalah beberapa bangunan bersejarah yang terkenal di dalam benteng. Pastikan untuk memeriksa museum yang memamerkan koleksi artefak era Mughal dan banyak lagi lainnya.

4. Agra Fort

Jika menurut Anda Agra adalah tentang Taj Mahal, pikirkan lagi! Beberapa keajaiban Mughal menghiasi lanskap kota dengan keindahan dan kemegahannya yang tak tertandingi dalam Wisata Asia. Benteng Agra adalah salah satu monumen paling mengesankan yang dibangun oleh Mughal di India. Dibangun oleh Kaisar Akbar, benteng ini berfungsi sebagai kediaman utama Kaisar Mughal hingga 1638 (kemudian, ibu kota dipindahkan ke Delhi). Benteng diubah menjadi tempat tinggal megah oleh Shah Jahan, yang kemudian ditawan oleh putranya sendiri dalam struktur yang sama. Diwan-I-Am, Jahangiri Mahal, dan Diwan-I-Khas adalah bangunan Mughal lainnya di dalam Benteng Agra.

5. Fatehpur Sikri

Fatehpuri Sikri pernah menjadi ibu kota kerajaan Mughal antara tahun 1572 dan 1585, menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota kuno ini adalah rumah bagi beberapa monumen Mughal yang terkenal di India, yang dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Akbar. Masjid Jama (salah satu masjid terbesar di kota itu), Makam Syekh Salim Chisti, Buland Darwaza (gerbang tertinggi dunia) dan Istana Jodha Bai adalah bangunan Mughal paling luar biasa di India, semuanya terletak di kota yang megah ini.

Baca Juga:  5 Kota Terindah di India yang Wajib Dikunjungi